Wednesday, May 8, 2019

Makanan Yang Bagus Untuk Bayi Usia 7 Bulan Keatas

7 bulan merupakan usia yang sangat tepat untuk memperkenalkan bayi makanan hal ini sering disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Namun agar bayi tetap terjaga kesehatannya dan tercukupi nutrisi nya sebaiknya para orang tua harus benar-benar jeli dalam memilih makan.

Tidak semua makanan dapat di konsumsi oleh bayi, hal yang paling penting adalah dengan cara memperhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut. Bayi yang belum berusia 7 bulan sebaiknya jangan di perkenalkan makanan terlebih dahulu, cukup di beri ASI sepenuhnya selama usia tersebut, sebab pencernaan bayi masih belum berfungsi dengan sempurna.

Berikut Makanan Yang Bagus Untuk Bayi Usia 7 Bulan Keatas..!!

Namun jika bayi sudah memasuki usia 7 bulan hal ini sudah tidak menjadi masalah, akan tetapi dalam memilih makanan kita harus tahu apa saja makanan yang baik untuknya. Sebab kebutuhan gizi bayi tidak sama dengan kebutuhan gizi orang tua.

Selain sistem pencernaan bayi sudah berfungsi dengan sempurna biasanya bayi yang berusia 7 bulan juga sudah memiliki gigi. Gigi berfungsi sebagai pengunyah makanan, meskipun dalam beberapa kasus tidak semua bayi yang berumur 7 bulan sudah memiliki gigi.

Adapun beberapa kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi bayi usia 7 bulan adalah :

- Karbohidrat
- Mineral
- Protein
- Lemak sehat
- Vitamin A, B, B6, B12, C, D, E dan K

Diatas merupakan sumber nutrisi yang harus ada dalam makanan yang dikonsumsi bayi, sehingga bayi akan lebih sehat setiap hari. Kebutuhan tersebut dapat kita akali dengan membuat bayi makanan yang dapat dikonsumsi nya. Berikut di bawah ini cara membuat makanan yang bagus untuk bayi, silahkan disimak.

Makanan Yang Bagus Untuk Bayi Usia 7 Bulan Keatas :

1. Bubur susu jagung

Bubur ini sangat bagus dikonsumsi oleh bayi, kenapa harus jagung? Karena jagung memiliki kandungan karbohidrat serta di kombinasikan dengan nutrisi yang ada pada susu.

Bahan :

- 100 gram jagung
- 100 ml susu
- 50 gram tepung beras
- 200 ml air putih

Cara membuat :

  • Pisahkan biji jagung lalu tumbuk biji jagung sampai kasar (blender).
  • Panaskan 200 gram air sampai mendidih
  • Masukan jagung, tepung beras dan susu kedalam air mendidih sambil diaduk sampai menjadi bubur
  • Bubur susu jagung siap disajikan

2. Bubur susu tahu bayam

Bubur susu tahu juga sangat bagus untuk bayi, tidak seperti bubur susu jagung yang mengunggulkan karbohidrat. Bubur susu tahu lebih terfokus pada sumber protein yang dikombinasikan dengan sayur bayam.

Bahan :

- 1 bungkus tahu (atau seperlunya)
- Sayur bayam secukupnya
- 100 ml susu
- 200 ml air putih
- 50 gram tepung beras

Cara membuat :

  • Rebus bayam terlebih dahulu sampai matang
  • Kemudian haluskan atau blender bayam bersama 1 bungkus tahu
  • Panaskan air 200 ml sampai mendidih
  • Masukan bayam bersama tahu yang sudah di blender dengan 50 gram tepung beras kedalam air yang sudah mendidih sambil di aduk-aduk merata dan menjadi bubur

Bubur susu tahu bayam siap disajikan

Demikianlah makanan yang bagus untuk bayi usia 7 bulan, dengan beberapa informasi diatas semoga dapat bermanfaat bagi orang tua dalam mempersiapkan kebutuhan nutrisi bayi. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon