Wednesday, May 8, 2019

Cara Alami Menyembuhkan Bayi Kuning Dengan Cepat

Bayi kuning merupakan suatu gejala yang timbul pada bayi biasanya yang baru lahir, hal ini disebabkan oleh suatu zat dalam kandungan yang disebut dalam bahasa medis nya yaitu Bilirubin. Kandungan zat bilirubin ini terdapat dalam tubuh bayi..

Lalu mengalir bersama darah yang di alirkan oleh ibu sejak dalam kandungan melalui plasenta. Setiap bayi pada umumnya memiliki kandungan bilirubin dalam tubuh, hanya saja yang menjadi masalahnya adalah apabila kandungan zat tersebut berjumlah secara berlebihan dalam tubuh bayi.

Apa Penyebab Bayi Kuning..??

Pada dasarnya kandungan bilirubin ini akan keluar saat bayi hendak membuang air kecil dan air besar, namun dikarenakan bayi belum bisa mengontrol proses pembuangan air kecil dan air besar maka kandungan bilirubin akan terhambat dalam organ hati..

Organ hati pada bayi yang baru lahir juga belum bisa berfungsi dengan sempurna sehingga kandungan bilirubin yang terhambat dalam organ hati akan memunculkan dampak pada tubuh bayi dan hal ini bisa kita lihat pada warna kulit di tubuhnya yang agak menguning.

Bahayakah bayi kuning?

Sebenarnya kondisi seperti ini sering terjadi pada bayi-bayi yang baru lahir, dalam beberapa kasus bayi yang paling sering mengalami kuning adalah bayi yang lahir prematur. Bagi sebagian orang menganggap ini adalah hal biasa padahal ini adalah masalah yang serius yang perlu di tangani segera terutama oleh dokter. Karena apabila dibiarkan secara terus menerus kandungan bilirubin dapat menuju ke sel-sel otak bayi yang bisa mengancam kesehatannya. Meskipun biasanya juga warna kuning pada kulit bayi akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu namun sebagai orang tua kita perlu waspada.

Bagaimana mengetahui bayi menguning?

Gejala awalnya biasanya bayi bermasalah dengan penyakit ini bisa dilihat dari ciri-ciri fisikinya seperti dibawah ini :

- Kulitnya berwarna ke kuning-kuningan
- Mata putihnya berwarna ke kuning-kuningan
- Bayi mengalami muntah
- Demam
- Lemas
- Rewel terus menerus

Penyebab lain bayi kuning?

Karena warna kuning pada kulit bayi yang baru lahir bukan hanya disebabkan oleh penumpukan kandungan bilirubin saja. Tapi masalah ini bisa juga disebabkan oleh gejala-gejala lainnya seperti dibawah ini.

- Adanya gangguan pada sel darah merah (terinfeksi)
- Kurangnya zat enzim dalam tubuh, gangguan pada fungsi hati
- Gangguan pada sistem pencernaan
- Serta gangguan virus maupun bakteri

1 Cara Alami Menyembuhkan Bayi Kuning Dengan Cepat :
Jika bayi mengalami masalah atau tanda-tanda seperti yang sudah dijelaskan diatas, berikut tips bagi orang tua untuk mengatasinya.

1. Berikan ASI (Air Susu Ibu) minimal 12 kali dalam 1 hari

Perbanyak memberikan asi dapat menambah zat enzim serta membantu menetralisir kandungan darah akibat adanya kadar bilirubin yang berlebihan dalam tubuh bayi. Oleh sebab itu disarankan untuk menyusui bayi minimal 12 kali dalam 24 jam.

Penting : Banyak yang merekomendasikan untuk menjemur bayi dibawah sinar matahari, namun fakta tersebut ternyata tidak benar. Apabila dalam 5 hari bayi tidak menimbulkan tanda-tanda perubahan pada warna kulit dan bola matanya maka segeralah bawa kerumah sakit untuk di tangani oleh dokter.

Demikianlah 1 cara alami untuk menyembuhkan bayi kuning dengan cepat dan aman. Silahkan bagikan artikel ini pada teman, saudara, kerabat atau orang-orang disekitar anda yang memiliki masalah dengan bayi kuning. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua!


EmoticonEmoticon